Sabtu, 05 Mei 2018 - 09:08:55 WIB
DOPUS 6 - PENJERNIHAN HATI
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Saat Teduh - Dibaca: 33 kali

Kamis, 05 Mei 2018

PENJERNIHAN HATI

Ester 3:8-15

Kejahatan muncul karena manusia tidak mampu menjernihkan hati dan mematikan egonya. Ketidakmampuan itu yang membuat seseorang sulit membedakan manakah tanggung jawabnya dan manakah dorongan perasaan semata. Saat seseorang mampu menjernihkan hatinya, maka ia
sanggup memisahkan antara tanggung jawab dan perasaan.

Karena didorong oleh rasa benci, Haman menjadi gelap mata. Ia melihat semua orang Yahudi harus turut menanggung perbuatan Mordekhai.
Untuk melancarkan rencananya, ia memprovokasi Raja Ahasyweros untuk mengeluarkan titah dengan cara menfitnah orang-orang Yahudi sebagai bangsa yang suka membangkang. Dampak yang mengerikan adalah ketika seseorang tidak mampu menjernihkan hatinya dari amarah dan dengki akan terjadilah tindakan brutal. Demi memuaskan ego diri yang terluka, seseorang berani melakukan apa pun yang tidak masuk akal, misalnya pembunuhan dan lainnya.

Kejahatan besar diawali dari rasa tidak suka terhadap orang lain. Karena itu, berhati-hatilah dengan keinginan yang berlebihan untuk menjadi
orang yang dihargai dan dihormati. Sebab, sering kali hal itu membutakan akal sehat kita hanya menilai orang lain dari tampak luarnya saja.

Bacaan Alkitab 1 tahun : 1 Raj 19 – 20 ; Luk 23 : 1 – 25




Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)